RUSA YANG SALAH SANGKA

Desember 28, 2011 nuzulianiqarlina

Di tengah hutan ada sepasang srigala yang mempunyai anak, mereka hidup tenang dan bahagia. Selalu bercanda dengan anak laki-laki mereka, kalau malam mereka bernyanyi dengan suara yang keras sehingga penghuni hutan lainnya meras terganggu.

Harimau si raja hutan tak tahan mendengar suara bising dari keluarga srigala, harimau mengamuk kepada sepasang suami istri srigala itu. Pak srigala mengadakan perlawanan, sebelum terbunuh pak srigala menyarankan anaknya yang masih kecil itu melarikan diri agar selamat.

Dengan penuh ketakutan srigala kecil melompat dan berlari sekuat tenaganya, sementara ayah ibunya berjuang keras melawan harimau yang ganas,  walau akhirnya kedua srigala itu tidak sanggup mengalahkan harimau, mereka  berdua tewas. Sementara ,harimau menderita luka-luka yang cukup parah.

Srigala kecil terus berlari dan berlari hingga akhirnya tenaganya terkuras habis dan ia terjatuh ke tanah dan kakinya terkilir. Pada saat itu sepasang rusa lewat dihadapannya, mereka kasihan melihat srigala kecil yang kelelahan dan kakinya terkilir dan srigala itu di tolong nya.

“ibu, mari kita bawa pulang saja srigaka kecil ini.” Kata pak rusa

“iya pak, nampaknya dia tidak buas!” jawab ibu rusa.

Srigala itu di bawa pulang dan di rawat hingga sembuh. Kebetulan keluarga rusa belum mempunyai anak, keluarga rusa mengangkat srigala itu sebagai anak mereka. Hari berganti tahun berlalu, srigala kecil sekarang menjadi besar. ia juga rajin membantu kedua orang  tua angkatnya, sehingga keluarga rusa semakin menyayanginya.

“ah, tidak sia-sia kita dulu menolongnya, ternyata dia anak yang berbakti.” Kata ibu rusa kepada suaminya.

Setelah hidup  damai  selama bertahun-tahun, ibu rusa akhirnya melahirkan bayi rusa yang sangat sehat. Kelurga itu sangat senang, srigala yang menjadi anak angkat mereka pun turut bergembira mendapat seekor adik.

Beberapa bulan kemudian , ibu rusa sudah harus membantu suaminya menanam padi di sawah. Pada hari itu mereka menitipkan bayi rusa yang masih kecil kepada srigala untuk di tunggui.  Dengan penuh setia srigala itu menunggui adik angkatnya. Nyamuk dan lalat yang mendekati bayi rusa itu pasti di halaunya. Sehingga bayi rusa bisa istirahat dan tidur dengan lelap.

Menjelang tengah hari sepasang rusa pulang dari sawah. Mereka kaget melihat srigala anak angkat mereka berlari-lari dengan keringat bercucuran.

“pak…… bapaaaaak…..! cepat pulang!” teriak srigala dengan keras.

“ada apa ini….?” Tanya pak rusa dengan hati curiga ketika melihat penuh darah di sekitar mulut dan hidung srigala.

”mengapa kau berlari-lari ke sawah ? bukankah aku menyarankan kamu untuk menjaga adikmu di rumah??

Jangan… jangan….!! Apakau kau telah memakan adik kamu sendiri?? Kurang ajar….!!!!” Kata pak rusa.

“pak, lihat mulutnya penuh dengan darah, mungkin anak kita memang telah di makannya! Hajar saja dia, dasar srigala tidak ahu balas budi!!!” kata ibu rusa dengan panik.

Tanpa menunggu penjelasan dari srigala, pak rusa menghajarnya  hingga srigala itu terkapar pingsan di tanah. Lalu dengan penuh amarah yang meluap-luap srigala itu mereka lemparkan ke sungai.

“bapak, cepat tengok anak kita!!” kata bu rusa mengingatkan suaminya.

Mereka segera berlari ke dalam rumah, ternyata bayi mereka masih tertidur di atas ayunan. selamat  tanpa kurang suatu apapun.  Di bawah ayunan terlihat bangkai seekor ular besar uang putus lehernya.

“astaga….. jadi srigala tadi sebenarnya telah menyelamatkan anak kita dari terkaman ular besar ini !” kata ibu rusa.

“ kita telah bertindak gegabah..” kata pak rusa dengan penuh sesal.

Mereka segera menyusuri sungai tempat srigala dihanyutkan, namun usaha mereka sia-sia. Srigala yang malang itu tak pernah lagi di temukan, entah sudah di mati tenggelam atau di makan buaya.

                TAMAT

Entry Filed under: Cerita Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Laman

Kategori

Kalender

Desember 2011
S S R K J S M
« Nov   Feb »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts

 
%d blogger menyukai ini: